RSS

Monday, March 5, 2012

Hilang Arah

Membaur bukan melebur
Tiga kata yang bermakna bahwa kita boleh bergabung dengan siapa saja tanpa peduli pekerjaannya, jabatan, elok rupa, penghasilan dan siapa keluarganya. Tetapi kata terakhir seakan memberi penegasan meskipun bergabung jangan pernah melebur. Membiarkan diri terkontaminasi oleh pergaulan. 
Namun sayang, bagi kebanyakan ini hanya teori. Hanya sedikit yang bisa bertahan dalam pergaulan dengan menerapkan istilah membaur bukan melebur.  Sisanya? Memilih untuk membuat grup sendiri, menunjukkan ke eksklusif dan enggan bergabung dengan golongan yang tak seperti. 
Selain itu, ada yang sengaja menginklusifkan diri. Yakin bertahan namun tak mampu mempraktekan teori. Tipe seperti inilah yang sering mentoleransi diri sehingga hilang jati diri. 
Degradasi moral tampak disini. Sedikit demi sedikit perubahanpun terjadi. Kekecewaan semakin menjadi-jadi dan akhirnya memutuskan untuk lari. Orientasi sudah tak seperti dulu lagi. Telah berpindah haluan ingin dicintai dan ingin menyerupai. Lupa akan tujuan utama Ilahi.

0 comments:

Post a Comment