RSS

Sunday, March 4, 2012

1 + 1 = ?

Ada yang bisa nebak hasilnya? 2, 11, atau…..bukan 2 dan bukan juga 11. Itu semua tergantung mind set (pola pikir) kita bagaimana melihat hasilnya. Jika kita masih menggunakan sudut pandang anak kecil jika ditanya 1 + 1 pasti = 2, tapi ketika SD dan sudah mulai banyak bergaul dengan teman-teman 1 + 1 mungkin saja 11 dengan alasan ngga pake =.
            Pola pikir, adalah salah satu penentu kesuksesan seseorang. Jika orang kreatif dia mempunyai pola pikir yang bercabang-cabang. Banyak sekali alternatif-alternatif pemecahan malasah yang dapat dijadikannya peluang. Masalah bukan membuat dia berhenti berpikir tetapi masalah membuatnya semain berpikir kreatif dan inovatif.
            Orang yang malas berpikir ketika ditanya 1+1 pasti dengan segera meraka menjawab = 2, tetapi orang yang kreatif diakan memberi banyak pilihan jawaban, “2”, “11”, “1000”, “kenyang” dan banyak lagi disertai dengan alasan-alasan yang logis. Contohnya: jika seorang kreatif sedang lapar diberi semangkok bakso kemudian diberi semangkok bakso lagi, mereka pasti akan berpikir 2 x untuk makan semangkok bakso yang baru diberikan? Mengapa?
            Karena mereka berpikir, kalaulah mereka menghabiskan semangkok bakso lagi berarti hidup mereka akan biasa-biasa saja besok. Karena mereka berpikir makan untuk hidup bukan hidup untuk makan. Mereka memilih sabar dan cukup dengan semangkok sebelumnya tetapi mereka menerima semangkok bakso tersebut dengan menjualnya kepada orang lain. Uang hasil dari penjualan bakso tersebut mereka belikan permen dan menjual permen lagi. Dan seterusnya mereka pantang menyerah, karena sabar adalah kunci kesuksesan.
            Bagaimana dengan tipe satunya lagi, orang malas berpikir. Tipe seperti ini pasti akan langsung memakan satunya lagi. Baginya hidup untuk makan. Dapat makan langsung santap. Saat itu memang dia bahagai? Tapi bagaimana dengan besok??
 So, pastikan dirimu adalah manusia berpikir yang kreatif! 

0 comments:

Post a Comment