RSS

Wednesday, October 15, 2014

Between Want & Need

Aku ingin begini
Aku ingin begitu
Ingin ini Ingin itu
Banyak Sekali... (ost Doraemon)

Seandainya aku punya kantong ajaib, semua..semua dan semua pasti dapat dikabulkan. Seperti Nobita dan kantong ajaib doraemon. Tapi..sayangnya hidup tak selamanya seperti keinginan Nobita. Kantong Ajaib tak selamanya mewujudkan apa yang diinginkan Nobita. Meskipun Nobita mendapatkan what he wants, tetapi terkadang yang diinginkan bukan membawa kebahagian malah sebaliknya kerugian dan malapetaka.

Antara keinginan dan kebutuhan hanya ada garis tipis yang disebut dengan nafsu. Jika kita dapat mengendalikan nafsu tersebut maka tidaklah susah membedakan mana yang kita inginkan atau kita butuhkan. Namun terkadang kita lebih sering menuruti keinginan daripada kebutuhan. Alhasil kita menjadi budak nafsu. Disinilah berpedaan manusia dan hewan. Hewan hanya memiliki nafsu sedangkan manusia memiliki keduanya akal dan nafsu. Jika kita telah menjadi budak nafsu, itu berarti kita sama dengan hewan.

Saya sering sekali mendapatkan pertanyaan bagaimana cara membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Sebenarnya yang bisa menjawabnya adalah diri kita sendiri, kata saya. Tapi simpelnya, kalo kamu ingin sesuatu kamu pikir dulu..apakah akan mati jika tidak dapat yang kita inginkan? Jika jawabannya YA, itu berarti keinginan telah menjadi kebutuhan. Tetapi jika jawabannya TIDAK, itu berarti nafsu. At least, that's my way to know between want and need. Bagi saya kebutuhan itu jika tidak terpenuhi akan mengancam kehidupan, antara hidup dan mati. Tapi keinginan jika tidak dipenuhi kita masih tetap hidup. One more, jika keinginan terus diikuti maka kita tidak akan pernah puas. Caranya... jadikan apa yang kita inginkan menjadi reward dalam berusaha. Setidaknya,kita mengubah keinginan menjadi motivasi. Dan saya biasa melakukan hal ini untuk meredam permintaan keponakan-keponakan saya tercinta. Memang sih, efeknya bakal jelek..membuat mereka terbiasa melakukan sesuatu dengan pamrih. Ya..untuk saat ini, itulah win-win solution untuk menangani permintaan anak-anak kecil yang memaksa.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            





0 comments:

Post a Comment