RSS

Saturday, April 30, 2011

Haruskah mengeluh di facebook?

"Haruskahku mengeluh di fb?" Ini adalah status yang membuat Pak Adi (Elang Samudra) langsung comment "g...adukan pd Tuhan." , thanks pak udah ngingatin.
Maksud buat status ini bukan berarti saya mau mengeluh di facebook tapi hanya ingin memberi sedikit sentilan kepada teman-teman yang hobby pada mengeluh di facebook. Gemes banget saat baca status teman-teman yang isinya 'keluhan'. Mulai dari keluhan kehidupan sampai keluhan tentang hujan.
Haruskah kita mengeluh di facebook?
Sehingga mengubah fungsi facebook yang tujuannya hanya sebagai jaringan petemanan kini berubah menjadi wadah curhatan.Mungkin bagi yang sering mengeluh ada kepuasan tersendiri saat diketahui banyak orang tetang masalah kita, jadi semua dilaporkan di fb. Bahkan sampai kelemahan kita, betapa cengengnya kita, betapa suka memakinya kita akan kehidupan dan betapa tidak bersyukurnya kita atas nikmat yang telah diberi oleh Tuhan. Dan  bukankah keluhan menunjukan seberapa lemah dan buruknya kita, membiarkan orang-orang tahu seperti apa temperament kita?
Satu perempuaan adalah hujan... karena statusku muncul karena banyaknya status-status yang mengeluh tentang hujan.. Aneh sih mengapa dikala hujan datang maka  akan muncul begitu banyak keluhan... Begitu burukkah hujan..
dinginlah...
basahlah...
batal deh acaranya gara-gara hujan...
dan masih banyak lagi...
Tapi coba kalo diberi panas yang berkepanjangan..mulai deh ngeluh lagi... ini dan itu.
Mengapa disaat hujan kita tidak memikirkan panas atau kemarau yang panjang agar kita bersyukur karena diberi limpahan air...atau mengapa kita tidak berdoa karena disaat hujan adalah saat doa kita dikabulkan oleh Allah Swt.
Atau pikirkanlah manfaat dari segala yang diberikan oleh Allah Swt... dan bersyukurlah.
Belum lagi masalah tentang kehidupan seperti masalah percintaan, persahabatan bahkan masalah keluarga sampai dibawa ke facebook...Kasian lho teman-teman facebook jadi telibat permasalahan kita...padahal mereka tidak tahu apa-apa...
Mengapa kita tidak mengeluh epada Allah Swt sebagaimana nasihat yang diungkapkan oleh Syuraih A-Qadhi ketika  mendengar seseorang mengeluhkan kesusahannya kepada temannya, maka dia berkata kepadanya, "Wahai anak saudaraku, janganlah kamu mengeluh kepada selain Allah. Sesungguhnya orang yang dijadikan tempat mengadu tidak lepas dari perkara-perkara berikut ini : dia teman atau musuh. Jika dia teman, maka Anda telah membuatnya sedih dengan mengadu kemalanganmu kepadanya, dan jika di musuh, maka dia merasa lega karena penderitaanmu."
Kalaupun ingin berkeluh kesah carilah teman yang tepat, yang dapat memberi nasehat sehingga masalah dapat terselesaikan dengan tepat.
Atau buat jadi lebih bermanfaat dengan menjadikannya tulisan seperti dibuat cerita fiksi ganti aja nama, alur, settingnya..terus publishkan di fb..siapa tahu ada penerbit yang baca...namanya juga keberuntungan  :)
OK, Cukuplah facebook jadi ladang amal kita buat menyambung silaturahim, tempat memberi nasehat dan bagi yang hobby dagang jadikan media iklan. Bukan tong sampah tempat membuang keluh kesah...

0 comments:

Post a Comment