RSS

Friday, January 27, 2012

Antara Buku dan Axe

           Aneh tapi inilah kenyataan yang terjadi. Pandangan pertama terhadap sesuatu selalu menjadi nilai plus. Tetapi, nilai plus akan pudar ketika pepatah ini menyelisik ke celah-celah sanubari. "Don't judge a  book from the cover". Jangan pernah menilai sesuatu dari luarnya. Pepatah yang rajin mampir ditelinga hingga menjadi sebuah frame yang melekat kuat dalam pikiran. 
       Aku teringat dengan seorang seniorku di ESA. Beliau menjelaskan pepatah ini dengan menggambarkan kesederhanaan Mahatma Gandhi dan Wibawa Soeharto. Ya.. begitulah, tidak ada yang bisa menyangka seorang Mahatma gandhi yang biasa menggunakan sendal jepit tak disangka tak diduga menjadi orang yang sangat berpengaruh dan dinobatkan menjadi pejuang anti kekerasan di India dan mendapatkan Nobel perdamaian dunia. Bagaimana dengan Soeharto yang menggunakan kemeja, jas, berdasi dan sepatu hitam mengkilap? Ia dan antek-anteknya dikenal sebagai penjarah kekayaan Indonesia dan efeknya dapat kita rasakan hingga saat ini. 
           Itu adalah sebuah gambaran mengapa kita tidak boleh menilai seseorang dari tampilan luar. Contoh lainnya adalah Alm. Syeikh Ahmad Yasin, pemimpin Hamas, seorang tua dikursi roda yang gigih melawan israel. Karismanya membuat geger barisan Israel dari darat hingga udara. 
          Tapi disisi lain, kita juga tidak boleh lupa pada penampilan karena pesan dari iklan axe juga dapat dibenarkan "Kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda". Layaknya dua sisi mata uang tak terpisahkan, kesan pertama dan isi adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Penampilan adalah citra yang menandakan kesan pertama sedangkan isi adalah harta terpendam yang akan ditemui seiring waktu berjalan. Penampilan yang baik bukan hanya dinilai dari pakaian yang parlente tetapi dari kebersihan dan keramahan yang tampak. Begitu pula isi dalamnya, tidak hanya asbun (asal bunyi), salmon (Intelektual KAgetaN aSAL ngoMONg) ataupun ikan teri (Intelektual KAgetaN TERIak sanA SINi). Ckckck, ngga banget.. 
         Oleh karena itu ambillah kedua pepatah itu, jangan menjadikan salah satu diantara pepatah tersebut sebagai alasan untuk melarikan diri dari kenyataan. Yang penampilan OK selalu mengatakan bahwa kesan pertama Coy sedangkan yang penampilan amburadur selalu mengatakan don't judge a book from the cover sob. So.. antara buku dan axe mana yang anda pilih?

0 comments:

Post a Comment